Rumah Robot Banten

Sejarah Tempat Rumah Robot Banten didirikan. Ledakan teknologi yang terus berkembang pesat di bidang ilmu dan teknologi robotika, membuat semua orang bertanya-tanya tentang perkembangan teknologi, khususnya industri robotika. Apa itu robot? dan bagaimana mempelajari dan memahami robotika. apakah belajar robot itu sulit atau tidak . dan dimana kita bisa belajar robot. Dan untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, Rumah Robot Banten diciptakan untuk memahami teknologi robot. Rumah robot banten didirikan pada tahun 2008 dan mulai belajar untuk pertama kalinya.

Apa itu Rumah Robot Banten?

Sebuah tempat Robotic Learning atau pembelajran robotic dimana kita bisa belajar tentang teknologi robot dan mengetahui teknologi apa yang digunakannya. Di dalam rumah robot Banten terdapat 2 ruangan yaitu ruangan B1 dan ruangan pelatihan. di ruang B1 (pembelajaran 1) digunakan untuk pelajaran reguler sedangkan ruang Trainer digunakan untuk pelatihan. Kita bisa belajar tentang mekanika robot, kelistrikan dan bagian-bagian yang digunakannya. Untuk menggerakan robot atau menerima perintah robot, terlebih dahulu harus program, dan beberapa robot sudah free program (sudah ada program di dalamnya). Pembelajran dibuka dari hari Senin sampai Sabtu pada akhir pekan, jadwal Pembelajran dapat disesuaikan dengan waktu yang diinginkan. Di rumah, robot belajar banten buka pukul 08.00
dan tutup pukul 17.00.

Pembelajaran Robotic

Pembelajaran robotik dapat dimulai dari kelas TK, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan universitas. Pada tahun, pembelajaran dibagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu dasar, junior , menengah dan lanjutan. Untuk kelas TK, bagian robot yang digunakan cenderung lebih besar karena anak-anak tidak akan kesulitan memasang bagian robot dan tidak menggunakan robot pengkodean. untuk siswa SD dan SMP yang menggunakan robot dengan bagian yang lebih kecil karena dapat membuat robot sesuai dengan kreativitasnya dan robot yang digunakan menggunakan coding. sehingga mereka dapat memprogram robot dengan kreativitas mereka. Untuk membuat game animasi, anak-anak akan belajar cara membuat animasi yang paling kreatif.

kelas Regular

Kelas reguler adalah kelas robotik yang bertempat di ruang B1, siswa dilatih dasar-dasar robotika sebelum mulai belajar mengoperasikan robot. peserta didik akan disuguhkan pengenalan kit mana yang akan digunakan dan nama robot yang akan dirakit, danjuga akan mempelajari coding robot terlebih dahulu untuk pengenalan tentang coding robot. Setelah mulai memahami robot yang dikodekan secara bebas, maka akan dilanjutkan ke tahap selanjutnya dimana robot menggunakan coding untuk menggerakanya. Siswa akan mendapatkan instruksi tentang cara membuat kode robot dimulai dengan dasar-dasar menggerakkan robot ke depan, belakang, kiri, dan kanan.

Setelah robot berhasil dikodekan untuk menggerakanya, dan ia akan berggerak menggunakan sensor untuk mengontrol arah gerakan robot. setelah memahami seperti apa gerakan robot dengan mekanisme dan sensor apa yang digunakan, maka akan dilanjutkan untuk animasinya pembuatan game scracth

baca juga: ONLINE CLASS|INILAH 3 MATERI YANG DI AJARKAN DI RACER ROBOTIC INDONESIA

Animasi Game

animasi game dimana siswa akan belajar cara membuat animasi di bawah bimbingan instruktur. Untuk menggerakan karakter sprite, animasi scracth dapat bergerak sesuai dengan perintah bergerak ke atas, bawah, kiri dan kanan sesuai dengan code program yang sudah di buat. Setelah memahami dasar-dasar karakter/sprite bergerak, siswa dapat membuat animasi seperti menambahkan point, animasi bergerak, menyimpan point, nyawa, pemenang, dan game over. Setelah dipahami code program yang sudah di buat, siswa dapat membuat animasi permainan sendiri, misalnya dengan membuat karakter/karakter sendiri untuk bergerak. maka kombinasi robot dan animasi game dapat dipelajari langsung dari dasar-dasar terlebih dahulu

Control Robot + animasi

robotic di tangsel

Pada tahap penggabungan robot dan animasi game, saat animasi bergerak, robot juga bergerak sesuai program yang telah ditetapkan. Maka siswa mengkodekan animasi dan gerakan robot untuk membuatnya bekerja secara bersama sehingga robot dan animasi dapat bergerak sesuai dengan yang telah dikodekan. Setelah Anda dapat melakukan gerakan dasar, Anda dapat segera melakukan variasi gerakan dan animasi robot menggunakan sensor yang dipelajari untuk digabungkan menjadi satu perintah gerakan,

kunjungi juga: https://racer-robot.id/