Arti singkatan dari ToT ialah Training of Trainer. Training of Trainer adalah program pelatihan khusus untuk sekolah. yang dimana program ini dilakukan secara inteseif selama 6 jam per hari dengan jumlah peserta atau siswa yang sudah ditentukan. Program ToT ini dapat dilakukan secara online maupun offline selama 3 hari 6 sesi dengan tujuan untuk mengembangkan atau menyiapkan kegiatan robotik di sekolah-sekolah untuk kompetisi robot yang akan di adakan nantinya.
Inilah materi ToT yang akan di ajarkan di hari pertama sampai hari ketiga.
MATERI ToT HARI PERTAMA SESI 1&2
SESI PERTAMA
1. Perkenalan KIT yang kalian beli dari RACER.
- Paket basic ( Huna ) atau Paket intermediate ( Huna, Smart coding ) & Paket advance ( Huna, Smart coding, MRT duino )
2. Menjelaskan komponen elektrikal seperti mainboard, sensor, motor dc, remote control dan RC receiver.
- Mainboard adalah otak robot yang terdiri dari input dan output dan motor dc kiri dan kanan. Ada 2 jenis mainboard robot yaitu Mainboard Pre-Coding dan Mainboard Coding.
- Sensor adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi perubahan besaran fisika seperti tekanan, gaya, listrik, cahaya, gerakan, kelembaban, suhu, kecepatan, dan fenomena lingkungan lainnya
- Motor dc terdiri dari armatur atau angker, lilitan angker, cincin komutator, sikat karbon, catu daya DC dan stator. Komponen luar ini mengandung medan magnet permanen yaitu, medan yang tidak berputar seperti RMF yang khas pada motor induksi.
- remote control adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengontrol mesin dari jarak jauh.
- RC receiver adalah Sensor ini menerima sinyal Ir dari remote kontrol dan mengubahnya menjadi sinyal input.
3. Menjelaskan dan merakit robot huna dengan memakai mainboard pre coding sampai paham.
- Para siswa akan di di tugas kan untuk merakit robot dengan main board pre coding. Mainboard pre coding adalah mainboard yang sudah tertanam program dengan 9 mode berbeda sehingga pengguna tinggal memilih mode yang diinginkan dan juga tidak memerlukan aplikasi.
SESI KEDUA
1. Menjelaskan tentang cara mengcoding sampai paham.
- Siswa akan di jelaskan tentang cara mengkoding robot, agar robot bisa berjalan ke kiri ataupun ke kanan. Siswa akan di instalkan aplikasi MRT 1.2 untuk mengkoding robot nya.
2. Merakit robot huna dengan memakai mainboard coding.
- Siswa akan merakit robot yang ada di buku huna dan juga akan memakali mainboard coding yang dimana siswa harus mengkoding dulu agar robot bisa berjalan. Mainboard coding adalah mainboard yang harus di program terlebih dahulu dan memiliki 6 pin untuk komponen keluaran, dan 2 pin untuk motor dc.
MATERI ToT HARI KEDUA SESI 1&2
SESI PERTAMA
1. Perkenalan robot maze solving.
- Robot maze solving adalah robot buat kompetis atau lomba robotic dan robot maze solving ini bergerak menggunakan 5 sensor dan harus di program terlebih dahulu. Robot maze solving ini tidak ada di buku MRT.
2. Menjelaskan komponen elektrikal yang di pakai robot maze solving yaitu mainboard coding, 5 buah IR sensor & dc motor
- Mainboard coding adalah mainboard yang harus di program terlebih dahulu dan memiliki 6 pin untuk komponen keluaran, dan 2 pin untuk motor dc.
- Harus menggunakan 5 sensor ir agar robot maze solving bisa berjalan.
- Motor dc terdiri dari armatur atau angker, lilitan angker, cincin komutator, sikat karbon, catu daya DC dan stator. Komponen luar ini mengandung medan magnet permanen yaitu, medan yang tidak berputar seperti RMF yang khas pada motor induksi.
3. Menentukan track atau jalur buat maze solving.
- Sebelum memprogram robot maze solvng nya siswa harus menentukan track atau jalur nya terlebih dahulu. Untuk bikin jalur nya siswa harus memakai lakban hitam.
SESI KEDUA
1. Perkenalan tinkercad.
- Tinkercad merupakan sebuah website yang bisa digunakan sebagai tempat kita melakukan sebuah simulasi yang berhubungan dengan rangkaian kelistrikan dan komponen elektronika lainnya. website in dapat kita akses secara gratis atau free, kita hanya perlu membuat sebuah akun yang dimana kita bisa menggunakan akun google kita sebagai akun tinkercad ini. Jadi jika kita mau membuat sebuah project yang menggunakan arduino kita bisa membuatnya terlebih dahulu dalam bentuk virtual yang dimana kita tidak perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu juga. Nantinya jika dalam bentuk virtual tinkercad dapat berjalan dengan lancar dan aman barulah kita membuat versi nyatanya yang setiap komponennya hanya tinggal kita beli saja di toko elektronik lalu merangkainya berdasarkan yang kita buat pada tinkercad tanpa membuat kita merasa rugi pada saat melakukan trial & error ragu dalam pengolahan rangkaian mungkin dapat menggunakan tinkercad circuit untuk mensimulasikannya terlebih dahulu. Jika kalian mau belajar tentang tinkercad kalian bisa kunjungi link yang kakak sudah sediakan di bawah ya.
2. Menjelaskan komponen-komponen yang di pakai buat tinkercad.
- Siswa akan di jelaskan komponen-komponen nya. Komponen-komponen dasar yang di pakai ialah LED, arduino
3. Bikin project tinkercad.
- Siswa akan di kasih tugas oleh trainer untuk membuat project tinkercad.
MATERI ToT HARI KETIGA SESI 1&2
SESI PERTAMA
1. Perkenalan aplikasi Scratch.
- Scratch adalah bahasa pemrograman dasar yang menggunakan pemrograman bergaya “Building Block” yang artinya membuat program dengan menarik blok ke Kode Area.
2. Menjelaskan tentang blok-blok dan menu-menu yang ada di aplikasi.
- Trainer akan menjelaskan bagian blok dan menu yang sering di pakai di aplikasi scratch. Kalau kalian mau belajar Scratch kalian bisa kunjungi website ini : Apa Itu Scratch Dan Bagaimana Cara Menggunakannya?
3. Bikin project animasi & game
- Siswa akan di kasih tugas membuat animasi atau games oleh trainer.
SESI KEDUA
1. Membuat creative robot dengan imajinasi siswa.
- Siswa akan di kasih tugas oleh trainer membuat robot creative atau sesuai imajinasi siswa.
2. Lalu mempresentasikannya.
- Kalau sudah membuat robot nya siswa akan disuruh mempresentasikan secara kelompok.
Jadi itulah materi yang kalian dapat apabila kalian mengikuti program ToT dari RACER ROBOTIC INDONESIA. jika kalian mau belajar tentang materi di atas kalian bisa kunjungi link yang sudah kakak sediakan di bawah ya.
BENEFIT BAGI SEKOLAH
- Menjadi sekolah berbasis sains atau STEM ( Sains Teknologi Engginering Math )
- Biaya terjangkau karna jumlah siswa yang banyak sehingga semakin banyak yang mengenal robotic.
- Sekolah bekerja sama dengan organisasi robotic dunia karena memiliki lAB sesuai standart organisasi IYRA.
- Semakin mudah menyiapkan siswa dalam lomba robotic baik level nasional, ASIA maupun dunia dengan sarana yang wewadai.
Itulah benefit yang di dapat sekolah apabila mengkuti program ToT dari RACER ROBOTIC INDONESIA. Bagaimana sudah tertarik belum dengan program kami? Kalau kalian tertarik dengan program kami, kakak tunggu ya di PT. RACER ROBOTIC INDONESIA.
BACA JUGA : https://racer-robot.id/tot-lab-stem/