Scratch adalah bahasa pemrograman dasar yang menggunakan pemrograman bergaya “Building Block” yang artinya membuat program dengan menarik blok ke Kode Area (drag and drop).
Scratch memungkinkan anda untuk membuat cerita animasi, permainan interaktif, simulasi, dan karya seni yang indah. Siswa akan diperkenalkan dengan konsep dasar pemrograman dan mengembangkan keterampilan berpikir komputasi sambil mewujudkan ide-ide mereka sendiri. Dalam seri ini, dasar-dasar akan diperkenalkan untuk membekali siswa dengan keterampilan dasar yang diperlukan untuk memulai.
Baca juga : Inilah 3 Macam – Macam Game Scratch yang ada di Racer!!
Sprite
Sprite merupakan karakter seperti orang atau hewan hingga alat peraga. Kode dan blok kode yang dibahas di bagian berikut mengontrol semua ini.
Setiap proyek baru yang dibuat akan menyertakan Sprite dan memiliki pustaka opsi tambahan untuk dipilih. Anak-anak kemudian dapat mengganti nama Sprite, menambahkan Sprite baru, dan banyak lagi. Sprite adalah gambar yang dapat dirancang dan diprogram oleh anak-anak di lingkungan. Scratch adalah alat pengkodean drag-and-drop intuitif untuk inovator muda (sebagai lawan dari pengkodean berbasis teks).
Blok Kode
Scratch memudahkan pemula untuk belajar dengan mengatur jenis blok kode yang dapat Anda gunakan ke dalam kategori. Blok kode dikelompokkan ke dalam kategori berikut : Motion, Looks, Sound, Events, Control, Sensing, Operators, Variable, My Blocks.
- Motion : Digunakan untuk memindahkan sprite Anda di sekitar Stage.
- Looks : Blok yang mengatur penampilan sprite di Stage.
- Sound : Untuk menambahkan suara ke proyek anda, dan anda juga dapat membuat background sound.
- Events : Blok awalan yang digunakan untuk menjalankan suatu program dibawahnya dengan peristiwa tertentu.
- Control : Digunakan untuk mengatur urutan blok yang dijalankan, termasuk keputusan dan perulangan.
- Sensing : Menu blok yang digunakan untuk mendapatkan input dengan mendeteksi input teks pengguna, kondisi, dan melaporkan nilai dalam proyek anda.
- Operators : Blok digunakan untuk membandingkan variabel dan nilai. melakukan perhitungan dengan angka, dan juga bisa bekerja dengan String (teks).
- Variable : Blok yang digunakan untuk menyimpan nilai data yang berupa angka atau teks.
- My Blocks : Membuat sebuah blok di sprite kita yang dapat kita berikan nama dan mendefinisikan apa yang dilakukan blok baru menggunakan blok Scratch lainnya, ini bisa digunakan untuk menghemat ruangan.
Blok kode ini dapat disatukan di Area Kode seperti menyatukan potongan puzzle. Kedua Area Kode dan Stage pada saat yang sama, memungkinkan pengguna untuk menjalankan kode, menguji, men-debug, dan memvisualisasikan kreasi mereka.
Antarmuka Scratch
Antarmuka Scratch adalah area di layar tempat program Scratch berada. Layar ini dibagi menjadi beberapa bagian atau “panel” yang memiliki fungsi berbeda, mulai dari memilih blok kode, menyusun kode, hingga melihat kode Anda beraksi.
- Menu File : Disini tempat anda untuk menyimpan game ke komputer anda, dan memuat file proyek anda yang telah tersimpan.
- Menu Edit : Tempat digunakan untuk memulihkan sprite atau latar belakang anda yang telah dihapus dan dapat juga mempercepat program yang membutuhkan rendering kompleks.
- Palet Blok : Tempat anda akan menemukan semua blok yang diperlukan untuk membuat skrip Anda. Palet disusun menjadi dua bagian. Bagian kiri berisi delapan tombol perintah, masing-masing mewakili jenis blok kode yang berbeda.
- Kode Area : Tempat dimana blok kode ditempatkan dan disusun.
- Stage : Tempat dimana sprite akan berjalan sesuai dengan blok kode yang dibuat.
- Panel Info Sprite : Tempat untuk melihat informasi tentang sprite kita dan memanipulasinya. Area ini juga memungkinkan kita untuk menghapus dan membuat sprite baru.
- Panel Kostum/Latar Belakang : Disini tempat untuk membuat sprite baru dengan menggambar dan juga dapat mengedit sprite atau latar belakang.
- Panel Suara : Tempat untuk menambahkan dan menghapus suara.
Mengapa Membuat Game di Scratch?
Scratch adalah salah satu platform pengkodean online paling populer untuk orang-orang dari segala usia. Tablet Android dan sebagian besar komputer desktop membuat dengan platform ini karena mudah digunakan. Ini juga merupakan tempat yang bagus untuk mulai mempelajari dasar-dasar pemrograman melalui pemrograman berbasis blok untuk programmer baru di atas usia delapan tahun.
Scratch adalah bahasa pemrograman yang kuat yang dapat Anda gunakan untuk membuat apa pun mulai dari animasi hingga penceritaan interaktif. Namun, Scratch terkenal karena penggunaannya dalam pengembangan video game. Kunjungi komunitas awal untuk menemukan perpustakaan video game hebat yang terus diperbarui dan diperluas. Anda dapat mencoba ini dan mempelajari cara menggunakan Scratch untuk mengatur permainan Anda melalui kursus coding untuk anak-anak. Scratch sangat cocok untuk permainan yang menyenangkan, karena pemain dapat memasukkan data dan memiliki kendali penuh atas kode.
Kunjungi juga website kami : Racer Robotic