IYRC INDONESIA

Indonesia Youth Robot Competition 2019 dibuka oleh Ketua Indonesia Youth Robot Asociation pada Minggu, 14 April 2019 di ICE, BSD City.

IYRA INDONESIA, JAKARTA Sinar Mas Land bersama dengan Robotics Asia Committee dan Robot Racer menyelenggarakan kompetisi Robot terbesar di Indonesia yang diberi nama Indonesia Youth Robot Competition (IYRC) di ICE BSD City. Kompetisi ini merupakan kesempatan bagi anak-anak untuk mengasah kemampuan mereka sejak dini di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM). Kompetisi ini juga sangat bermanfaat untuk melatih kerjasama tim, rasa percaya diri dan melatih kemampuan berpikir logis pada anak. Mereka ditantang untuk memiliki keterampilan kreatif dan teknologi, serta menjadi pemecah masalah. Acara ini juga sebagai ajang untuk melatih keterampilan startup berbasis teknologi, atau yang sering kita kenal dengan istilah Technoprisur.


Pemenang kontes tahun ini juga akan difasilitasi oleh Sinar Mas Land dan RACER Robotic untuk mewakili Indonesia dalam Kompetisi Robot Muda Internasional 2019 yang akan diselenggarakan di Korea pada 7 Agustus 2019 dengan partisipasi 20 negara. Dengan terselenggaranya event besar berskala nasional ini, diharapkan anak-anak Indonesia dapat bersaing di era digital saat ini dengan perkembangan teknologi yang tinggi.
IYRC memiliki beberapa kategori unggulan seperti yang dilombakan pada tahuntahun sebelumnya, antara lain: Robot Soccer, kompetisi robot dimana setiap tim ditantang untuk memasukkan bola ke gawang lawan dengan beragam teknik dan strategi hingga mencetak gol dengan menggunakan robot. Kinder Mission adalah ketangkasan berhitung dengan cara menjawab soal matematika dengan gerakan robot. Push Push Sumo adalah strategi bagaimana robot bertahan di area kompetisi dengan cara mengeluarkan lawan dari arena lomba. Humanoid Mission Game adalah kompetisi dimana robot diwajibkan melewati rintangan track berbahaya dan mencapai Finish dengan cepat serta memindahkan benda tertentu. Creative Robot adalah lomba untuk membuat karya aplikatif berbasis robotic dengan tema pilihan juri. Juga, ada beberapa kategori baru, yaitu: Game IoT, Game Puzzle Super Maze, Brick Speed, Volleyball, dan Misi Drone.
IYRC memberikan kesempatan kepada anak-anak Indonesia untuk bersaing secara global dengan menunjukkan bahwa penerus negara mampu menciptakan robot yang tidak kalah dengan negara lain. Tahun lalu, para pemenang IYRC dikirim untuk mengikuti Kompetisi Robot Pemuda Internasional 2018 di Beijing, Cina. Kemudian, kelompok empat siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tangerang Selatan berhasil meraih dua gelar pertama (Gold Award) pada kategori Humanoid Tasks dan Creative Design setelah bersaing dengan kompetitor dari 15 negara lain.

IYRC INDONESIA


IYRC sendiri dihadirkan oleh Sinar Mas Land sebagai bagian dari program untuk menciptakan ekosistem digital dan teknologi di kota BSD yang saat ini sedang bertransformasi menjadi kota digital cerdas terintegrasi. BSD City saat ini sedang membangun Digital Hub seluas 26 hektar yang akan menjadi rumah bagi teknologi, digital, animasi, dunia kreatif, pusat pelatihan dan ruang inovasi seperti Region Silicon Valley di Amerika Serikat. . Beberapa nama besar telah menunjukkan komitmennya untuk membuka kantor di area Digital Hub seperti: Apple, HuaWei, Orami Bilna, Sale Stock dan Binar Academy.
Irawan Harahap, Project Manager Sinar Mas Land Digital Center, mengatakan, ā€œTeknologi adalah salah satu tujuan kami dalam mengubah BSD City menjadi kota digital pintar terintegrasi pertama. Kami tidak hanya menaruh perhatian pada teknologi itu sendiri, tapi juga pada para digital talent. Kami bangga dapat mewadahi talentatalenta muda, dan secara